Tempat Tinggalku Saat BerPetualang di Pulau Seram

16 Mei

Saat melihat indahnya pantai dengan hamparan laut yang luas, saya teringat ketika berpetualang ke Pulau Seram.  Ya itu adalah petualanganku yang sangat mengesankan.  Bayangkan saja saya tinggal di sana untuk waktu yang cukup lama,  4 bulan.  Pulau Seram berada di Provinsi Maluku Tengah, sebuah pulau yang cukup luas dengan hutan yang lebat dan juga dikelilingi lautan luas yang indah.  Mungkin pulau ini belum cukup dikenal oleh orang banyak, karena akses transportasi kesana juga cukup sulit dan memerlukan waktu yang cukup lama.

kampung sawai dilihat dari atas tebing

Kampung sawai dari atas tebing

Di Pulau Seram, saya tinggal di suatu tempat bernama Kampung Sawai.  Kampung tersebut terletak di bagian Seram Utara.  Kampung ini merupakan kampung Muslim, sebagian penduduknya mendirikan rumah di atas laut.  Ya! di atas laut!!  Bayangkan begitu menarik bukan?!Kebetulan sekali saya pun tinggal di sebuah penginapan yang dibangun di atas air laut.

Pemandangan dari rumah penginapan itu sangat indah, sampai-sampai tak bisa saya ceritakan dengan kata-kata.  Ada satu pemandangan indah yang sempat saya abadikan.  Saat itu jam digital ditangan saya menunjukkan pukul 5 sore.  Ketika saya memandang ke arah tebing di sisi kiri rumah penginapan terlihat pelangi di balik tebing, pemandangan alam yang sungguh indah dan menimbulkan suasana haru serta rasa syukur yang tak putus kepada kebesaran Allah S.W.T.

sawai

Rumah di Atas Laut

Satu hal lagi yang menarik buat saya amati dan nikmati, yaitu ada sebuah sumber mata air tawar di Kampung Sawai, yang digunakan penduduk sebagai sumber air bagi kehidupan mereka, mereka menamakannya Asinahu.  hmmm… saya sangat merindukan suasana kebersamaan saat bermain di Asinahu.  Kenangan itu tak akan hilang digerus waktu.

pelangi

Pelangi di Balik Tebing

Iklan

41 Tanggapan to “Tempat Tinggalku Saat BerPetualang di Pulau Seram”

  1. niken Mei 16, 2009 pada 9:12 pm #

    hemmm…tempatnya kyknya keren…sayang knp g nyritain aktivitasnya slama dsana lagian fotonya cm sdikit!!!! coba ada foto si tokoh utama waktu aktivitas n pas foto bareng pnduduk dsana!!! satu yang saya tanya…apa ada cinta lokasi selama d pulau seram? yaaaaa…mungkin cinta lokasi dengan penduduk pulau seram….atau dengan teman sejawat???? klo ada ya mbok d muat!!!!

    • dskania Mei 17, 2009 pada 1:15 am #

      hmm…. jg niken. saran yang bagus, makasih ya!! insyaAllah akan saya buat di lain edisi.

  2. alamendah Mei 17, 2009 pada 9:23 pm #

    keindahan alam mmg sesuatu yang smakin mahal. Tapi banyak yg gk mau ngerti http://alamendah.wordpress.com/2009/05/15/ekspedisi-puncak-argopuro-lasem/

    • dskania Mei 17, 2009 pada 9:57 pm #

      itulah masalah yang cukup membuat pusing, mari kita bersama cari jalan keluarnya!!

  3. deta Mei 18, 2009 pada 4:00 pm #

    emang benerr…setujuu bgdd………
    iaa kngendd ma kwand” d’snaa…..
    maen” ke kolam asinahu emangg mengasyikkan….

    • dskania Mei 19, 2009 pada 12:33 pm #

      halo deta sayang! teman kecilku selama berpetualang di Pulau Seram. kapan ya kita kesana lagi?

    • kevin Mei 26, 2011 pada 11:34 am #

      he..he…. mending ke kebun binatangnya didesa masihulan,,,,

  4. wiedjie September 3, 2009 pada 4:39 pm #

    maluku, sebetulnya masih menyimpan tempat2 yang indah, cuma belum banyak yang mengeksploitasikan ke publik, coba jangan hanya di Sawai, msh banyak kampung2 lain yang butuh di eksploitasi seperti taman manusela, kampung mamala, kampung tulehu dengan moa nya dll, selamat berpetualang………………………..

    • dskania September 4, 2009 pada 12:26 pm #

      Iya mas betul sekali, Maluku memang indah, saya belum berkesempatan ni untuk menjelajah semua tempat di Maluku, pengen rasanya, mudah2an akan segera terwujud dan pasti akan saya tuangkan disini semua pengalaman itu. makasi ya informasinya 🙂

  5. amans September 8, 2009 pada 11:13 pm #

    just want say thanks…. for visit my village…..

    • dskania September 9, 2009 pada 12:51 pm #

      sama2… aku jg berterimakasi sudah mau mampir d blog ini, dan saya amat sangat bersyukur pernah sampai d tempat y indah ini 🙂

  6. wati September 12, 2009 pada 9:29 pm #

    makasi sudah promosiin kampung saya…
    saya bangga skali..
    salam dari pak ali dan keluarga..

    • dskania September 13, 2009 pada 8:50 pm #

      subhanallah, saya senang sekali mba myra mau mampir di blog saya dan menyampaikan salam dari bapak Ali, bapaku tersayang, saya sangat merindukan keluarga yang sangat baik itu 🙂
      Ingin rasanya segera mengunjungi kalian lagi 🙂
      tolong sampaikan salam kangen saya untuk semuanya terutama keluarga bapak Ali
      Terimakasi mba Myra

  7. ida Oktober 2, 2009 pada 6:18 pm #

    Subhanallah…Seram ikitain…

  8. FRANS November 4, 2009 pada 1:34 pm #

    TERIMA KASIH SY ORANG SERAM TPI SMPAI SST INI SY BELUM PERNAH SMPAI DI KMPUNG TERSEBUT TERIMA KASIH PA

  9. MAN.Ts. Januari 6, 2010 pada 7:16 pm #

    terimakasi atas kunjungan & partisi pasinya terhadap kampung halaman Ku…!!!!
    moga kelak Kampumg SAWAI bisa terkenal dengan tmpat wisata alamnya…aminnn.

    • dskania Januari 7, 2010 pada 9:42 am #

      amiiinnn… Alhamdulillah saya juga berterimakasih sudah mau berkunjung ke tulisan saya yang masih amat sangat sederhana ini, saya hanya ingin berbagi pengalaman menyenangkan yang pernah saya alami 🙂

      • azham Januari 13, 2010 pada 8:28 pm #

        wahh rindu pulang nihh jadinya kapan bisa nihh ” truss kembangkan pulau sawai

  10. arinz Mei 20, 2010 pada 10:11 am #

    jadi pengen ke sawai…… 😦
    gara2 nonton si bolang juga nih…. hehehe

    • dskania Mei 21, 2010 pada 9:44 am #

      ayo.. ayo.. mari kita ke sawai … 🙂

  11. sigit santoso Juni 21, 2010 pada 11:36 am #

    aslmkm sahabat ku semua.benar,saya edi santoso pernah tinggl d pulau seram cukup lama:16 thun,dri saya SD-SMA tepatnya d kec.wahai.desa WAITONIPA.memang d sana ada harta karun yg ter simpan(keindahan alamnya).luar biasa.SUBHANALLOH.

  12. sigit santoso Juni 21, 2010 pada 11:51 am #

    aslmkm sahbatku.(EDI SANTOSO)SAYA PERNAH TNGGL D SANA SLAMA 16THN tpatnya d kec.wahai,desa waitonipa.pulau yg benar2 sngt indah banget.harta yg terabaikan.

  13. aya kel Juni 28, 2010 pada 10:22 pm #

    Thnks to conform from sawai asinahu and bangga atas semua org seram pada umumnya dan khusus pd org sawai…….sawai tetap maju dan tdk boleh mundur sekali pun…..maju terus sawai asinahu kampung halam yg tercinta…….regard yaken

    • aya kel Juni 28, 2010 pada 10:24 pm #

      terima kasi org sawai asinahu, sawai asinahu kampung halam yg tak perna tak lupaka……..

  14. Bayu Juli 19, 2010 pada 10:43 am #

    saya pernah kesana nginep di tempat pak Ali… pagi-pagi gerimis sarapan pisang gorng ditemani hamparan lamun di depan rumah dengan ikan warna-warni…. Cuma aku gak tau untuk ke sini adakah trip regulernya?

  15. asinahu hatuputih Juli 25, 2010 pada 9:36 pm #

    WAH KEREN ABIS KAMPUNG KU,LIHAT WEBSAITE INI JADI INGIN CEPAT2 PULANG NIH,,,,,,,,
    WAH GIMANA YAH KEADAAN AIR ASINAHU YAAAAAAA,,,HUHUHUHUHU

  16. tomagola tichor Oktober 26, 2010 pada 10:57 pm #

    sawai kampung nan indah,

    jadi pengen pulang
    saya….

  17. Soraya Tomagola Oktober 26, 2010 pada 11:20 pm #

    thankz yaa udh buat blog tentang sawai .. sawai emang mantaaaap 🙂 kita semua bangga menjadi orang sawai , walaupun saya lahir and tinggal di jakarta .. tapi saya akui saya orang sawai . ortu ku khan asli sawai 🙂 SAWAI IS THE BEST 🙂
    MY BEUTIFUL VILLAGE : SAWAI :)aya punya banyak jga kog photo2 sawai , liat di fb aya ajaa 🙂 haha

  18. Soraya Tomagola Oktober 26, 2010 pada 11:23 pm #

    thankz yaa udh buat blog tentang sawai .. sawai emang mantaaaap 🙂 kita semua bangga menjadi orang sawai,walaupun saya lahir and tinggal di jakarta tapi saya akui saya orang sawai.ortu ku khan asli sawai.
    SAWAI IS THE BEST 🙂
    MY BEUTIFUL VILLAGE : SAWAI 🙂
    aya punya banyak jga kog photo2 sawai , liat di fb aya ajaa 🙂 haha

  19. Soraya Tomagola Oktober 26, 2010 pada 11:33 pm #

    thankz yaa udh buat blog tentang sawai .. sawai emang mantaaaap 🙂 kita semua bangga menjadi orang sawai , walaupun saya lahir and tinggal di jakarta .. tapi saya akui saya orang sawai . ortu ku khan asli sawai 🙂 SAWAI IS THE BEST 🙂
    MY BEUTIFUL VILLAGE : SAWAI 🙂

  20. janti anis Oktober 28, 2010 pada 4:39 pm #

    terima kasih atas cerita dan foto-foto indahmu tentang negeriku SAWAI, semoga menjadi dokument abadi tuk anak cucu kami dikemudian hari dan menjdi amal ibadahmu dan suamimu.amin,

  21. edy tuasikal Desember 16, 2010 pada 12:38 am #

    wah jadi ingin cpat2 kembali ke kampung halaman neh,,,,,,,,

    wehhh,,,,salam ya buat yg punya bLok…

    • kevin Mei 26, 2011 pada 11:37 am #

      sama aq juga pengen kembali,,,,, ke desaq tercinta rumah olat…

  22. kevin Mei 26, 2011 pada 11:33 am #

    lebih keren kalau diambil pemandangan batu supingnya,,,,,,

    kenapa tidak ke desa masihulan ada kebun binatangannya distu,,,,,

    • dskania Mei 26, 2011 pada 10:19 pm #

      🙂 mas kevin, saya pernah ke masihulan, karena saat saya tinggal di sawai itu karena saya bekerja disana ya y mas bilang kebun binatang itu, tapi sebetulnya itu bukan kebun binatang itu adalah yayasan yang berkonsentrasi di bidang konservasi satwa liar semacam tempat rehabilitasinya sebelum satwa itu dilepasliarkan kembali ke alam, silahkan mas baca ditulisan saya yang lain yaitu di https://dskania.wordpress.com/2009/05/18/pergi-bekerja-dan-berpetualang/
      btw… memang indah sekali sawai itu 🙂

  23. lilis setiawati tomagola Juni 12, 2011 pada 10:09 pm #

    alhmdulillah akhirnya bs liat sawai lagi…..
    kangeeennnnn bangeeeetttttt….pengen pulang kampung ney…..

  24. bayu dirgantoro Juni 24, 2011 pada 9:52 pm #

    kl saja wkt itu saya disana……
    wkt itu tepat dngn hr jadi saya…..
    saya dr lampung.
    saat saya datang sll mlm,dan blm sempat menikmati sawai…..

    for mantan raja sawai R. ipaenin kl ajak yg lama….
    cumi jngn cm sedikit….
    saya blm mw koment tentang sawai,
    tp 1 yg hrs di ingat dr sawai.
    ” di mata air,
    jangan sampai ada air mata”

  25. abdullah kelanohon September 5, 2011 pada 11:42 am #

    Terima kasih atas komentar yg kamu info ke semua org tentan kampung halaman ku, sawai asinahu, yg pemandangan mulai dari gunung ampe laut yg begitu luas dan begitu inda, denga cagar buda yg begi kokoh, dan orgnya pun ramah terhadap siapa saja……

    Best Regards

    abdullah kelanohon

  26. abhy Februari 11, 2014 pada 7:01 pm #

    memang sawai begitu indah sangat mengesankan aku aja sampe skrg rasa2 pengen liburan kesana terus.liburan kesana bisa maen ke ora beach, perm
    andian asinahu yg sekarang sda tambah bagus,terus ke penangkaran satwa yg dilindungi.SAWAI….aku akan selalu merindukanmu

  27. aspa layn April 14, 2014 pada 12:07 pm #

    terimakasih uda memperkenalkan desa sawai di internet n moga-moga dngn ini desa sawai bisa lbh di knl sampai ke pelosok dunia,,,sawai negeri tercinta n takkan ku lupakan walaupun sampai k negeri orng……

Trackbacks/Pingbacks

  1. Pergi Bekerja dan Berpetualang « Blog Berpetualangan di Alam - Mei 18, 2009

    […] Aku berangkat dari tempat penginapanku jam 7 pagi WIT.  Aku berangkat dengan menumpang perahu kecil yang di sebut ketinting, untuk […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: